Gugus Syuhada

May 1, 2015

Cara membuat e-paspor

Filed under: Uncategorized — Gugus Syuhada @ 8:45 pm

Berhubung masa berlaku paspor sudah mau habis Juli ini, paspor harus diperbarui. Kata petugasnya sih ga ada istilah perpanjangan. Bener juga sih karena nomor paspor-nya bakal beda dengan yang lama. Rencana awal mau bikin paspor biasa aja, tapi waktu Maret kemarin mertua akan berangkat ke Jepang bilang kalau paspor Indonesia bisa bebas visa tapi jenis e-paspor. Jadi boleh juga, siapa tahu ada rejeki bisa berangkat ke Jepang. Selain itu kelebihannya bisa lewat di autogate tanpa harus antri di loket imigrasi di banyak bandara Indonesia dan beberapa negara luar seperti Australia (baca di sini) karena dilengkapi dengan chip mikrotik di cover depan yang memuat data biometri kita.

Di sini saya mau bagikan proses pembuatan e-paspor yang saya lakukan di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan di warung buncit. Awalnya e-paspor bisa melakukan pendaftaran online, namun per 1 Februari 2015 hanya bisa dilakukan melalui pendaftaran walk-in di beberapa kantor imigrasi, salah satunya Jakarta Selatan.

img005

Brosur tata cara pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan

 

1. Lengkapi persyaratan yang disebut di sini. Ingat semua dokumen harus menuliskan nama dan alamat anda dengan sama. Buat fotocopy-nya di kertas A4 termasuk KTP (untuk keperluan scan data) dan pada hari-H pendaftaran bawa dokumen aslinya.

2. Pada hari-H pendaftaran, khusus di Jakarta Selatan yang merupakan tempat favorit pembuatan paspor. Pastikan anda tiba di lokasi di bawah pukul 6 pagi. Karena untuk metode walk-in (datang langsung) menggunakan sistem antrian, jika anda bukan prioritas (lansia, disabilitas, ibu-ibu hamil/dengan anak bayi), antrian hanya dibagikan untuk 100 orang pertama saja dan nomor antrian dibagikan pukul 7.30. Jika anda tiba di atas pukul 6, kemungkinannya anda dapat antrian di atas 50 yang biasanya mendapat giliran pelayanan selesai makan siang atau justru kehabisan nomor antrian. Memang gigih sekali orang-orang khususnya orang-orang yang akan bikin paspor untuk keperluan umrah atau naik haji.

3. Setelah mendapat nomor antrian, isi formulir yang diberikan (gratis) sembari mendengarkan penjelasan dari pihak kantor imigrasi. Tunggu hingga anda dipanggil untuk masuk ke dalam ruangan layanan paspor untuk dilakukan proses input data, foto dan wawancara serta memilih metode pembayaran. Prosesnya sekitar 5-10 menit tergantung kecocokan dan kelengkapan data anda. Sekarang sudah one-stop service sehingga tidak perlu pindah ke meja lain dalam jangka waktu 3 hari seperti 5 tahun lalu saya perpanjang paspor.

4. Pada saat akan memilih metode pembayaran anda akan diberikan  beberapa pilihan (tidak ada pilihan pembayaran secara cash di kantor imigrasi) :

  • membayar melalui bank persepsi (BNI 46)
  • membayar melalui atm bank persepsi (BNI 46)
  • melalui debit/kredit kecuali bank BCA (pada saat itu, petugas bilang mesin EDC-nya sering macet jadi disarankan untuk membayar ke bank)

5. Setelah proses pembayaran sebesar 660 ribu (600 ribu untuk pembuatan e-paspor 48hal, 55 ribu untuk biaya biometrik dan 5 ribu untuk biaya administrasi bank) anda akan mendapat tanda terima permohonan paspor sebanyak 3 lembar. Untuk biaya pembuatan jenis paspor lainnya bisa dilihat di brosur di atas.

6. Paspor akan siap untuk diambil dalam jangka waktu (harusnya) 3 hari (lembar permohonan paspor saya dari 3 hari dicoret jadi 5 hari kerja).  Pengambilan paspor dilayani setiap hari kerja setelah pukul 10 pagi dengan mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Tapi prosesnya sangat cepat, setiap nomor hanya sekitar 2-5 menit saja. Jadi kalaupun datang agak siang tidak masalah.

Ini penampakan paspor kita yang baru. Warnanya bukan hijau tua lagi tapi hijau teal dan covernya lebih tebal, untuk e-paspor ada simbol chip-nya.

 

 

Serpong, Tangerang

Advertisements

6 Comments »

  1. mantap gan perkembangan teknologi sekarang, , klw kita gak ikuti bisa ketinggalan kereta , Aerith

    Comment by Jim — November 4, 2015 @ 11:38 pm

  2. saya sudah melakukan tips poin 2 dan 3 untuk point 1 menyusul , Aerona

    Comment by Jim — November 5, 2015 @ 6:33 pm

  3. is good artikel Thank you so much ,

    Comment by jtxno12 — December 1, 2015 @ 4:08 am

  4. Makasih atas infonya ,

    Comment by Jim — December 2, 2015 @ 11:31 am

  5. artikel menarik , Afra

    Comment by jtxidrandomno122x — December 17, 2015 @ 3:16 pm

  6. termakasih infonya, sangat bermanfaat , Abla

    Comment by jtxidrandomno122x — December 19, 2015 @ 11:21 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

memuji boleh komen silakan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: