Gugus Syuhada

October 10, 2013

Apa yang dibutuhkan untuk bekerja di industry migas

Filed under: Uncategorized — Tags: , , — Gugus Syuhada @ 7:33 pm

“it’s your attitude not your aptitude to make altitude”

Zig Ziglar

Dua tahun lalu saya berjumpa dia sebagai sopir mobil antar jemput personel perusahaan downhole tester. Sekarang, secara kebetulan kami bertemu lagi di sebuah rig, ia menjadi salah satu personel di perusahaan downhole tester tersebut. Kemudian ada seorang dari Bangladesh yang dua tahun lalu bekerja sebagai room boy di guest house. Di rig yang sama saya berjumpa dia sebagai operator cementing. Ada juga seorang bapak yang kini tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Barat yang menjadi driller padahal dulunya adalah seorang sopir angkot. Beberapa orang yang saya jumpai di rig dengan berbagai macam posisi juga mengaku berlatar belakang jauh berbeda dari yang dikerjakan sekarang. Ada yang dulunya adalah anggota sekuriti, mantan tentara, pekerja tambang, buruh pabrik, sopir taksi, pelayan di restoran, dan tukang las. Beberapa kesamaan dari mereka adalah keberanian untuk merantau, pekerja keras dan mau belajar terutama bahasa (Inggris). Di dunia minyak yang sempit ini, bahasa Inggris paling banyak digunakan sebagai sarana komunikasi karena beragamnya latar belakang asal pekerjanya. Dan inilah yang membuat, menurut saya, pekerja asal India dan negara-negara pecahannya yang dulu pernah dijajah Inggris banyak berada di kawasan Timur Tengah. Pasti masih ada banyak faktor lain yang dibutuhkan dan banyak cerita-cerita sukses lainnya. Saya hanya mendapatkan sebagian saja yang bisa saya tuliskan di sini. Semoga bermanfaat kalau ada yang membutuhkan.

 

Halfaya, Iraq

3 Comments »

  1. Tulisan yg sangat mensupport mas…
    saya sdh bekerja di lingkungan migas lebih tepatnya di plant salah satu perusahaan migas yg ada di indonesia..mulai sebagai helper kemudian naik menjadi teknisi walaipun cm kontraktor, dengan bersusah payah saya menyelesaikan kuliah saya dengan harapan bisa menunjang pekerjaan saya dan kehidupan saya nantinya…begitu selesai kuliah ada seorang bos dan orng permanen di perusahaan tersebut berkata “terus sdh selesai kuliah kamu masih begini2 aja kan…sdh saya bilang dri 4 tahun lalu nda usah kuliah..” pendek aja tapi benar2 kena omongan nya….sampai skarang saya masih emosi kalau dia ngomong begitu…lumayan terhibur setelah membaca beberapa tulisan dari mas…terima kasih…

    Comment by ciraro — November 6, 2013 @ 6:44 am

    • Tergantung, mas. Tergantung jenis pekerjaannya apa di sektor migasnya.

      Sekedar sharing, saya wanita yang bekerja sebagai konsultan di migas hulu, dengan penempatan rutin 2-2 di offshore, yang artinya 2 minggu di offshore 2 minggu di Jakarta. Kebetulan saya pernah sekolah S1 dan S2 di universitas negeri ternama di Indonesia dan juga S2 di institut di luar negeri, sehingga saya memiliki dua gelar master. Pendidikan tinggi yang didapat sangat berguna bagi pekerjaan konsultan yang mau tidak mau dekat dengan karakter riset karena kita harus belajar terus, juga sebagai nilai jual kita sebagai konsultan. Klien akan lebih percaya dengan konsultan yang selain memiliki pengalaman, sertifikat2 profesional terkait, juga gelar pendidikan tinggi di bidangnya,

      Pernah ada konsultan yang sangat berpengalaman mendaftar sebagai konsultan migas, akhirnya ditolak klien karena ternyata dia putus sekolah saat S1. Klien harus mempertanggungjawabkan proyek2nya kepada badan audit, menerima konsultan yang tidak lulus S1 akan mendapat pertanyaan dari badan audit. Demikian, semoga sharing-nya bermanfaat.

      Comment by kuntarini — July 24, 2015 @ 4:18 am

  2. Gan,
    saat ini ane kerja di industri karoseri dg posisi mat’l controller apa yg dibutuhkan untuk terjun di industri migas???

    Comment by fernandoz — June 13, 2014 @ 9:57 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

memuji boleh komen silakan

Create a free website or blog at WordPress.com.

